Platform kerja tim kintone

Perusahaan dan Organisasi

26.Apr.2020 12:24

Cara membentuk Cybozu

Sales tetapi “Tidak ada target penjualan perorangan” dan “Metode kerjanya juga bebas”, apa tidak ada yang bermalas-malasan?

Di bagian sales Cybozu yang memiliki metode kerja yang bebas dengan menganut “100 orang 100 macam cara”, tidak terdapat target penjualan perorangan.

Image yang melekat untuk sales adalah target penjualan perorangan yang berat, tetapi apakah orang tidak akan bermalas-malasan dalam sales jika tidak ada tekanan terhadap target penjualan perorangan?

Kali ini Ryodai Yamaguchi selaku peserta internship di Cybozu Style mengajukan pertanyaan tersebut kepada Keita Kuriyama, Narichika Adachi, dan Shuichiro Fukasawa dari departemen sales.

Apakah benar image tentang pekerjaan sales = berat?

Apakah benar image tentang pekerjaan sales = berat?

  • Yamaguchi

    Saya sebagai mahasiswa memiliki image yang kuat bahwa “Sales itu susah karena memiliki target penjualan perorangan… kelihatannya berat….”

    Tetapi sambil mengikuti program internship di Cybozu Style, saya jadi berpikir “Jangan-jangan ada yang berbeda dari sales Cybozu jika dibandingkan yang lainnya, ya?”

    Oleh karena itu, hari ini mohon ajari saya berbagai hal mengenai gaya sales di Cybozu!

  • Kuriyama

    Ngomong-ngomong, apakah pekerjaan sales memang tidak populer di mata mahasiswa?

  • Yamaguchi

    Iya, menurut saya tidak populer. Image yang melekat adalah pekerjaan yang mengandalkan kekuatan fisik, dan image dari orang yang dibutuhkan adalah orang yang bisa mengatakan “Saya akan melakukan apapun demi mencapai target penjualan!”

  • Kuriyama

    Di Cybozu kelihatannya tidak begitu membutuhkan sales yang seperti prajurit.

    Karena yang berperan adalah orang yang dapat berpikir sendiri tentang “Apa jalan terbaik agar produk Cybozu bisa dipergunakan secara luas? ”

Keita Kuriyama. Di tahun 2003 alih profesi dari pekerjaannya di perusahaan sekuritas ke Cybozu. Setelah ditempatkan di departemen sales dan berpengalaman sebagai public sales dan mendirikan sales office di Osaka, menjabat sebagai Product Manager di “Cybozu Office” dan “kintone”. Setelah itu atas kemauannya yang kuat, kembali lagi ke sales, dan saat ini merangkap sebagai Executive Officer General Manager Sales dan Deputy Chief Director di Global Business. Beberapa tahun terakhir ini fokus pada ekspansi pemasaran di Asia. Beliau juga melakukan kunjungan ke 10 negara di Asia untuk menjalin hubungan dengan mitra perusahaan. Meskipun Kuriyama sama sekali tidak bisa mengkonsumsi alkohol, beliau telah membuktikan bahwa “Orang yang tidak bisa mengkonsumsi alkohol pun bisa menjadi penanggung jawab sales”. Tokoh utama yang merubah sales Cybozu yang tadinya mengandalkan kekuatan fisik menjadi “Sales yang logis”.

  • Yamaguchi

    Jadi, yang tadinya image untuk sales adalah orang yang pintar bicara dan gaul, sekarang tidak seperti itu, ya?

  • Kuriyama

    Betul. Apalagi Fukasawa yang masuk di Cybozu setelah lulus kuliah ini pintar untuk membuat perencanaan, sehingga tipenya sama sekali berbeda dengan “sales yang mengandalkan kekuatan fisik”

  • Fukasawa

    Saya tidak suka ikut acara minum-minum (sambil tertawa).

Shuichiro Fukasawa. Setelah lulus kuliah, diterima di Cybozu pada tahun 2012. Selama 7 tahun ditempatkan di departemen sales kemitraan, kemudian sambil menangani agen terbesar di Cybozu, beliau juga menjalankan double job di perusahaan mitra sebanyak seminggu sekali selama 8 jam. Setelah wawancara ini, mulai tahun 2020 beliau dipindahtugaskan ke kantor pusat business marketing.

  • Yamaguchi

    Meskipun tidak suka acara minum-minum, tetapi sales tetap OK ya….!

Meskipun bekerja sebagai sales, tetap bisa double job dan bekerja dari rumah

  • Yamaguchi

    Bagaimana dengan metode kerjanya? Karena menurut saya, sulit untuk menjalankan metode kerja yang bebas jika di sales.

  • Adachi

    Sebenarnya cukup bebas. Saya berangkat jam 9:30 setelah menitipkan anak di tempat penitipan anak.

    Kemudian karena pagi ini ada rapat, saya mendengarkan rapat melalui ponsel pintar di dalam kereta sampai jam 9:30, setelah itu baru masuk ke dalam ruang rapat untuk bergabung.

Narichika Adachi. Di tahun 2015 alih profesi dari pekerjaannya di perusahaan IT ke Cybozu. Saat ini ditempatkan di departemen sales kemitraan 1. Menjabat sebagai leader sales untuk mitra yang memiliki penjualan terbesar di Cybozu. Beralih total dari pekerjaan sebelumnya dan mengasah kemampuannya untuk sales kemitraan.

  • Fukasawa

    Saya meningkatkan produktivitas dengan menghindari kereta yang padat penumpang, sehingga gaya saya adalah jam 8 mulai bekerja dari rumah dan masuk ke kantor pada jam 10. Selain itu, untuk menjalankan double job, saya hanya bekerja 4 hari dalam seminggu.

Di Cybozu, kami bisa mendeklarasikan 100 orang 100 macam cara kerja melalui kalimat dan dipublikasikan ke seluruh perusahaan melalui groupware. Di deklarasi metode kerja milik Mr. Fukasawa, tercantum bahwa ketika di pagi hari akan bekerja dari rumah dan bekerja 4 hari dalam seminggu.

  • Yamaguchi

    Jadi bapak-bapak sekalian jam masuk kerjanya berbeda-beda dan hari kerjanya juga tidak hanya 5 hari dalam seminggu, ya.

Sales tidak diberi target penjualan perorangan karena tidak ada artinya

  • Yamaguchi

    Kemudian saya juga mendengar bahwa sales di Cybozu tidak ada target penjualan perorangan. Apakah ini benar?

  • Kuriyama

    Betul, tidak ada target penjualan peorangan.

  • Yamaguchi

    Padahal image-nya sales adalah target penjualan… mengapa tidak ada?

  • Kuriyama

    Karena dari segi model bisnis, itu tidak dibutuhkan.

    Cybozu memberikan layanan berbagi informasi melalui cloud yang dibayar per bulan, dan ini disebut sebagai “Subscription model (bisnis berlangganan)”

  • Yamaguchi

    Subscription model…?

  • Kuriyama

    Model bisnis yang pembayarannya menyesuaikan periode pemakaian seperti Netflix atau Spotify.

    Untuk subscription model, tingkat kepuasan pelanggan menjadi hal yang penting.

  • Yamaguchi

    Maksudnya bagaimana, ya?

  • Kuriyama

    Misalnya Mr. Yamaguchi sudah mendaftar layanan baru tetapi layanannya tidak ter-update atau layanannya buruk…. Anda akan bagaimana?

  • Yamaguchi

    Saya akan segera menghentikannya.

  • Kuriyama

    Betul sekali. Jadi untuk model bisnis subscription, yang penting adalah “Pelanggan merasa puas dan menggunakannya dalam jangka panjang”.

    Setelah dijual oleh sales, prosesnya tidak berhenti sampai di situ saja, tetapi memperbaiki produk secara periodik dan bisa menerima layanan yang baik juga menjadi hal yang penting.

Aliran menyediakan produk cloud. Secara urut terdapat proses “Marketing”, “Pengembangan produk”, “Sales”, dan “After service”.

  • Yamaguchi

    Begitu, ya!

  • Kuriyama

    Oleh karena itu, di Cybozu lebih rasional untuk tidak memberikan target penjualan perorangan pada sales.

    Berbagai departemen perlu berusaha agar para pelanggan terus menggunakan layanan kami, sehingga tidak ada artinya jika hanya memberikan target penjualan kepada sales, karena bisa jadi malah saling menjatuhkan di internal perusahaan.

Apakah anda tidak merasa aneh dengan tidak adanya target penjualan perorangan?

  • Yamaguchi

    Tidak ada target penjualan perorangan dan metode kerjanya juga bebas. Tetapi apakah perusahaan bisa maju dengan cara seperti itu? Bagaimanapun juga tetap ada target angka, bukan….?

  • Kuriyama

    Tentu saja ada (sambil tertawa). Meskipun tidak ada target penjualan perorangan, kami memiliki target penjualan yang harus dicapai oleh seluruh perusahaan, dan kami juga memiliki anggaran penjualan untuk masing-masing tim sales.

  • Yamaguchi

    Ada target untuk tim tetapi tidak ada target penjualan perorangan. Apakah anda tidak merasa aneh?

    Karena meskipun anda memberikan hasil yang baik, itu akan menjadi hasil tim….

  • Adachi

    Saya tidak merasa seperti itu. Saya malah merasa lebih aneh ketika ada target penjualan perorangan.

  • Yamaguchi

    Maksudnya bagaimana?

  • Adachi

    Di pekerjaan saya sebelumnya sebagai sales, saya diberikan target penjualan perorangan, sehingga kepala saya penuh dengan pikiran untuk mencapai target penjualan.

    Saya jadi merasa “Daripada memedulikan keluhan yang tidak seberapa, lebih baik mementingkan penjualan yang besar”.

  • Kuriyama

    Tetapi sales seperti itu melelahkan dan rasanya mengganjal karena jadi kepikiran, apakah benar sudah berguna bagi pelanggan?

  • Adachi

    Betul sekali… (sambil tertawa) Setelah pindah ke Cybozu, saya merasa jadi lebih bisa memikirkan pelanggan dan melakukan kegiatan yang substansial.

Aktivitas sales di Cybozu “melibatkan semua pihak”

  • Yamaguchi

    Selain itu, apakah ada cirikhas lain dari sales di Cybozu?

  • Kuriyama

    Mungkin dengan “melibatkan semua pihak”, ya.

    Sales di perusahaan pada umumnya akan mementingkan pencapaian target penjualan perorangan. Tetapi di Cybozu, semua karyawan baru bisa mendapatkan bonus setelah target penjualan untuk seluruh perusahaan tercapai.

  • Yamaguchi

    Oo, begitu ya.

  • Kuriyama

    Oleh karena itu, bagian pengembangan dan marketing, customer support dan sistem informasi, personalia dsb. memiliki kesadaran yang tinggi untuk “Bekerja sama demi menyebarluaskan produk Cybozu”.

  • Yamaguchi

    Tetapi saya sering mendengar cerita dari para senior yang sudah bekerja bahwa “Sulit untuk melakukan kerja sama antar departemen”. Di Cybozu realitanya seperti apa, ya?

  • Fukasawa

    Saya sering merasakan teamwork yang lintas departemen.

    Misalnya ketika dalam sebuah proyek ada hal yang tidak diketahui dari segi fungsi. Jika kami mendaftarkan hal-hal yang tidak diketahui di media sosial perusahaan yang bernama kintone, para anggota support akan segera memberikan jawaban, sehingga masalahnya bisa terlesesaikan di hari itu juga.

  • Yamaguchi

    Ini benar-benar membantu, ya.

  • Fukasawa

    Selain itu, yang saya sukai adalah kami bisa membagikan langsung suara pelanggan kepada anggota bagian pengembangan.

    Jika kami menyampaikan “Ada permintaan seperti ini, sehingga minta diperbaiki karena tidak praktis”, Product Manager langsung memberikan balasan.

Jika sales menyampaikan permintaan melalui kintone, Product Manager dari bagian pengembangan akan segera memberikan respon.

  • Yamaguchi

    Meskipun ada sekitar 900 orang di perusahaan, tetapi jarak antara engineer dan sales dekat, ya…!

  • Fukasawa

    Banyak perusahaan yang bagian sales dan pengembangan memiliki hubungan yang tidak baik, tetapi di Cybozu, pada kenyataannya pendapat dari sales kebanyakan bisa dikaitkan dengan perbaikan fungsi, sehingga kami juga puas.

    Banyak juga proyek yang dijalankan dengan bekerja sama dengan departemen marketing, sehingga saya merasa bisa menjalankan “sales secara tim” dengan bekerja sama bersama berbagai departemen.

Apakah orang tidak akan bermalas-malasan meskipun “tidak ada target penjualan perorangan”?

  • Yamaguchi

    Ngomong-ngomong, apakah dalam kondisi tidak ada target penjualan perorangan ini, tidak ada orang yang bermalas-malasan?

  • Kuriyama

    Hmm, bagaimana ya….? Mungkin saya yang tidak menyadarinya. Adachi pernah berpikir untuk bermalas-malasan? (sambil tertawa)

  • Adachi

    Tidak pernah, ya… Para karyawan mentransmisikan kegiatannya melalui kintone, sehingga melihat itu saya juga jadi terpacu.

    Saya jadi berpikir “Saya juga ingin melakukan pekerjaan dengan baik”, dan perasaan untuk “Tidak ingin melakukan pekerjaan yang memalukan” atau “Tidak ingin kalah” menjadi lebih kuat setelah melihat perjungan para anggota.

  • Fukasawa

    Saya juga tidak berpikir untuk bermalas-malasan. Sebaliknya, dengan tidak adanya target penjualan perorangan, saya merasa bahwa tercipta suasana untuk menyampaikan hal-hal yang tidak diketahui atau dikhawatirkan secara terbuka untuk diselesaikan bersama-sama.

  • Yamaguchi

    Hal yang dikhawatirkan juga disampaikan secara terbuka…?

  • Fukasawa

    Beberapa waktu yang lalu, ada anggota sales yang posting ke kintone bahwa “Saya sudah mempersiapkan proyek dengan sunggung-sungguh, tetapi lupa untuk menyiapkan jawaban terkait integrasi! ”.

※Capture ini hanyalah sebagai gambaran.

  • Yamaguchi

    Meskipun sudah tahu bahwa harus disiapkan sebelumnya, tetapi masalah seperti “Ternyata ada yang terlewatkan…. ” umum terjadi di perusahaan apapun. Kemudian apa yang terjadi dengan proyek tersebut?

  • Fukasawa

    Selanjutnya dalam waktu yang singkat banyak masukan yang terkumpul di kintone, sehingga pada akhirnya proyek tersebut berjalan dengan baik dan bisa mendapatkan forecast.

※Capture ini hanyalah sebagai gambaran.

  • Yamaguchi

    Wah, luar biasa!

  • Adachi

    Jika ada target penjualan perorangan dan memiliki budaya perusahaan yang persaingannya ketat, tidak mungkin untuk mengatakan “Saya lupa menyiapkan proyek! ” (sambil tertawa).

  • Fukasawa

    Di Cybozu banyak orang yang mandiri, sehingga budayanya cencerung bekerja sama untuk tolong-menolong daripada bermalas-malasan.

  • Fukasawa

    Pokoknya informasi yang ada benar-benar dibagikan melalui kintone, sehingga jika ada pertanyaan dari pelanggan atau untuk mencari tahu dokumen proposal pun bisa ditemukan dengan cepat, dan saya rasa hal tersebut yang mendukung budaya tolong-menolong.

Bukan berarti target penjualan perorangan = “Hal yang buruk”

  • Yamaguchi

    Jika mendengarkan ceritanya, saya jadi tidak mengerti mengapa di dunia ini ada target penjualan peorangan untuk sales…..

  • Kuriyama

    Sebenarnya bukan berarti sales dengan target perorangan = Buruk. Karena pekerjaan yang memiliki target perorangan ada sisi baiknya.

  • Yamaguchi

    Ada sisi baiknya juga?

  • Kuriyama

    Jika bisa mencapai target, mereka bisa mendapatkan insentif (kompensasi khusus di luar gaji), sehingga memiliki harapan.

    Sales yang pintar menjual bisa menghasilkan lebih dari 10 juta Yen (sekitar 1,3 miliar Rupiah) di usia 30an, sehingga jika ingin mendapatkan penghasilan yang banyak di usia muda, memilih sales yang ada target penjualan perorangannya juga menjadi pilihan yang tepat.

  • Yamaguchi

    Uang memang memiliki daya tarik, ya.

  • Kuriyama

    Selain itu, dari jenis layanan yang diberikan juga ada model bisnis yang bisa lebih terjual jika ada target penjualan perorangan atau insentif di sales.

    Oleh karena itu, kita tidak bisa mengatakan baik atau buruk terhadap target penjualan perorangan. Hanya pilihannya saja yang berbeda, tergantung dari posisi layanan yang diberikan dan strategi dari perusahaan tersebut, maupun dari model bisnisnya.

    Masing-masing orang memiliki gaya sales yang cocok dan tidak cocok, sehingga yang penting adalah dapat memilih pilihan yang tepat.

Gaya sales saat ini adalah hasil dari mengejar “rasionalisasi”

  • Yamaguchi

    Selama ini secara gamblang saya merasa bahwa “Sales itu berat karena memiliki target penjualan perorangan…”, tetapi hari ini setelah mendengar ceritanya, saya jadi mengerti bahwa di dunia ini ada banyak bentuk sales.

  • Kuriyama

    Perusahaan yang tidak memberikan target penjualan perorangan sering kali dianggap sebagai “Perusahaan yang baik terhadap karyawannya”, tetapi untuk Cybozu, gaya sales secara tim yang ada saat ini adalah murni sebagai hasil dari mengejar “rasionalisasi” (sambil tertawa).

    Dan sebagai hasilnya, penjualannya juga meningkat dengan lancar.

  • Yamaguchi

    Sales secara tim ya, dahsyat sekali…..

    Tadinya saya berpikir “Apa yang terjadi jika metode kerjanya bebas dan target penjualan perorangan juga tidak ada?”, tetapi sekarang saya merasa tenang setelah mengetahui bahwa ini adalah strategi yang cocok untuk karakteristik model bisnis Cybozu.

  • Kuriyama

    Syukurlah kalau begitu. Ini memang sedikit berbeda dengan image sales pada umumnya, tetapi cocok untuk orang yang suka membuat perencanaan sendiri.

  • Yamaguchi

    Saya jadi mengerti budaya sales secara tim yang tolong-menolong dengan berbagi informasi di kintone. Terima kasih banyak!

Teks : Kaori Sasuga / Dokumentasi : Makoto Tochikubo / Penyunting : Nanae Matsuo dan Yuka Atsuta

Artikel ini berasal dari Cybozu Style yang dicetak ulang.

https://cybozushiki.cybozu.co.jp/

SNS Share