Kecepatan mengumpulkan laporan kecelakaan meningkat 2 kali lipat! Dan berkat bantuan dari mitra, efisiensi bisnis bisa diwujudkan dengan lancar di tengah kesibukan!

Aeon Fantasy
  • Nama perusahaan

    : PT AEON Fantasy Indonesia

  • Deskripsi bisnis

    : Mengelola “fasilitas permainan“dll. yang berada di dalam pusat perbelanjaan.

  • Jumlah karyawan

    : Total 240 orang (3 orang Jepang, departemen manintenance tempat permainan dan IT (jadi satu) 2 orang, tidak ada staf khusus IT).

  • Jumlah tempat permainan

    : 24 tempat. Sedang dikembangkan agar setiap tahun bertambah 15 tempat. Staf pengembangan tempat permainan juga ditambah 3 kali lipat.

  • Tahun didirikan

    : November 2014

  • Bisnis

    : Jasa

  • Tujuan pemakaian

    : Laporan kecelakaan, permintaan perbaikan, mengontrol slip pengantaran, mengelola event, persetujuan tertulis, permohonan pembayaran, dll.

Aeon Fantasy

Narasumber yang diwawancarai

  • Nama

    : Minoru Tsukiyama

  • Jabatan

    : Vice President Director

  • Lama penugasan di Indonesia

    : Memasuki tahun ke-2

  • Pengalaman kerja

    : Area manager, pernah ditugaskan di Cina

  • Pengalaman mengimplementasikan
    sistem IT Human Resource di Cina.

    : Mengimplementasi sistem pengelola absensi

  • Nama

    : Ridho

  • Jenis pekerjaan

    : General Affairs

  • Lama bekerja

    : Fresh graduate (9 bulan)

  • Pengalaman mengimplementasikan
    sistem IT

    : Tidak ada

  • Nama perusahan

    : PT.AQ Business Consulting Indonesia

  • Penanggungjawab

    : Yuki Saeki, Edy Susanto

  • Deskripsi bisnis

    : Memasarkan kintone dan memberikan bantuan dalam mengimplementasikannya, membuat website, pengembangan sistem, ditigal marketing, pengembangan aplikasi mobile, SEO.

employees employees

Masalah sebelum
mengimplementasi sistem

line bottom

PT AEON Fantasy Indonesia sudah sejak lama mempertimbangkan paperless. Selama ini dibutuhkan waktu yang sangat lama untuk menerima laporan kecelakaan, sehingga mencoba menggunakan kintone. Meskipun telah memiliki gambaran tentang solusi yang akan diberikan oleh kintone, banyaknya perkerjaan menyebabkan proses pertimbangannya tidak berjalan seperti yang diharapkan.

“Meskipun ada masa percobaan selama 1 bulan, saya hanya sempat menggunakannya 2,3 kali saja. Form kintone kelihatannya mudah untuk dibuat, tetapi alur pekerjaannya terkesan rumit dan susah. (Tsukiyama)”

Sulit untuk meminta bantuan kepada staf lokal karena detilnya juga belum jelas. Tetapi jika meminta bantuan ke PIC sistem di Jepang, skala prioritasnya lebih rendah dari negara lain, sehingga akan memakan waktu.
Oleh kerena itu, mereka memutuskan untuk konsultasi dengan PT. AQ Business Consulting Indonesia yang menjadi dealer kintone di Indonesia.

Tabel perbandingan metode implementasi
kintone yang dipertimbangkan

line bottom
Tabel perbandingan metode implementasi kintone yang dipertimbangkan

Manfaat mendapatkan
bantuan dari mitra

line bottom

“Jika dipertimbangkan sendiri, mungkin kami tidak jadi mengimplementasikan sistem. Atau seandainya jadi pun, kemungkinan tidak bisa digunakan dengan lancar. (Tsukiyama)”.

Kantor perwakilan di luar negeri memiliki berbagai macam pekerjaan, sehingga waktu yang bisa digunakan untuk implementasi sistem atau perbaikan pekerjaan terbatas. Oleh karena itu, mereka menggunakan layanan bantuan implementasi kintone dari PT. AQ Business Consulting Indonesia untuk mendapatkan template untuk merangkum kebutuhan sistem, meminta bantuan kepada staf lokal untuk mengadakan sosialisasi dengan bahasa Indonesia, dll.

“Sebagai orang yang tidak berpengalaman di bidang IT, saya sangat terbantu karena setelah implementasi sistem, saya bisa bertanya dalam bahasa Indonesia melalui chatting jika ada hal yang tidak diketahui. (Ridho)”.

“Kami juga sangat terbantu karena mereka bisa menangani kebutuhan sistem secara fleksibel. Sebab kondisi bisnis seperti skala dan konten bisnis di kantor perwakilan luar negeri bisa berubah dalam waktu yang cepat. (Tsukiyama)”

Pengembangan dan perbaikan sistem dilakukan bersama-sama sambil melihat layar pengembangan kintone.

Alur layanan bantuan
implementasi dari mitra

line bottom
Alur layanan bantuan implementasi dari mitra

Saran bagi yang sedang mempertimbangkan
untuk menggunakan kintone

line bottom

Sebagai penutup, kami menerima masukan bagi yang sedang mempertimbangkan untuk menggunakan kintone.

“Meskipun ada sedikit masalah, yang penting dijalankan dulu. Jika di Jepang harus menunggu sempurna dulu baru dijalankan, di luar negeri yang penting adalah dijalankan dengan trial and error.”

“Untuk mendapatkan persetujuan di internal perusahaan, jelaskan bahwa sistem ini tidak hanya digunakan untuk 1 pekerjaan saja, tetapi bisa untuk beberapa pekerjaan agar efisiensi biayanya jelas.”

“Meskipun tidak digunakan, selama masa pengembangan akan muncul biaya account. Oleh karena itu, lebih baik menyerahkan proses start up kepada dealer. Karena yang paling disayangkan adalah “Sudah dikembangkan sendiri oleh perusahaan dan memakan waktu lama, tetapi pada akhirnya tidak bisa dipakai”.

“Di negara setempat, kami hanyalah orang asing. Dengan mendengarkan pendapat dari staf lokal dan mengimplementasikan sistem yang cocok dengan mereka, pengoperasian sistem akan berjalan dengan lancar.”

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang
kintone lebih lanjut, silakan menghubungi kami

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang kintone lebih lanjut, silakan menghubungi kami
Kontak kami
Go To Top