Upaya tanpa henti untuk meningkatkan layanan!
SEIKO Thailand menatap masa depan dengan selangkah
lebih maju

SEIKO Thailand
  • Nama perusahaan

    : SEIKO (Thailand) Co., Ltd.

  • Deskripsi bisnis

    : Menjual jam secara retail dan wholesale

  • Tujuan pemakaian

    : Laporan penjualan antara kantor pusat dan toko

SEIKO Thailand

Managing Director SEIKO (Thailand) Co., Ltd., Mr. KATSUMI KUBOTA (selanjutnya ditulis
Kubota MD) dan Manager Divisi Retailer, Ms. USANA CHANTAVICHAIKIJ

Sejarah SEIKO

line bottom

Pada tahun 1881 atau tahun Meiji 14, berdiri sebuah toko jam di Kyobashi, Tokyo. Toko yang dimulai dengan menjual jam impor tersebut diberi nama “Toko Jam Hattori” (saat ini menjadi SEIKO Holdings). 11 tahun kemudian, didirikan “SEIKOSHA” yang menjadi pabrik jam dinding no.1 di Jepang, dan pada tahun 1913 mulai menjual jam tangan buatan dalam negeri pertama dengan nama “Laurel”. Di tahun 1969, penjualan “Quartz Astron” yang merupakan jam tangan model quartz pertama di dunia dikenal sebagai jam tangan yang sangat akurat, dan mendapatkan sambutan yang luar biasa di pasar. Kejadian tersebut menjadi titik awal untuk mengembangkan bisnis di luar negeri.

Sejarah perkembangan di Thailand

line bottom

SEIKO (Thailand) Co., Ltd. (selanjutnya disebut SEIKO Thailand) didirikan pada tahun 1989 sebagai anak perusahaan dari SEIKO WATCH CORPORATION, dan tahun depan akan memasuki usia yang ke-30 (sampai tahun 2019). Namun penjualan jam SEIKO di Thailand sendiri sudah dimulai lebih dari 50 tahun yang lalu, melalui dealer lokal. Melalui sejarahnya yang panjang, SEIKO telah menjadi brand yang dikenal dengan baik dan digemari oleh orang Thailand.

Saat ini untuk meng-cover penjualan di seluruh Thailand, mereka melakukan penjualan wholesale ke ratusan toko jam dan dealer, serta melalui penjualan sendiri di sekitar 70 lokasi. Di masing-masing konter selalu terdapat 200-300 jam tangan untuk dipajang dengan rentang harga yang luas, dari 100 hingga 6000 USD. Bersamaan dengan merebaknya pemakaian telpon seluler, saat ini konsumen tidak hanya mencari jam tangan yang bisa menginformasikan waktu yang tepat. Selain rentang harga, desain dan fungsi, menjamin ketersediaan produk yang memenuhi berbagai kebutuhan di etalase toko menjadi kekuatan dan kehebatan dari SEIKO, sebagai brand kebanggan Jepang yang terkenal di dunia.

“Salah satu karakteristik SEIKO adalah menjual produk dengan rentang harga yang luas, di bawah naungan brand yang sama. Kami tidak hanya menjual jam yang mewah saja, atau jam yang kasual saja. Tetapi kami menyediakan jam tangan untuk kalangan yang luas, dengan memberikan nilai tertentu pada masing-masing produk.” (Kubota MD)

staff

Managing Director SEIKO
(Thailand) Co., Ltd.
Mr. KATSUMI KUBOTA

Orang Thailand menyukai desain yang sporty. Penampilan pebisnis di Thailand tidak seperti orang Jepang yang mengenakan jas dan dasi, sehingga jam tangan yang cocok digunakan untuk penampilan santai sangat digemari. Saat ini pangsa pasar utama di Thailand adalah “Prospex”, yang dibuat berdasarkan jam tangan penyelam. Tren ini berbeda dengan Jepang yang memiliki demand terhadap produk yang penuh gaya.

Masalah sebelum mengimplementasi kintone

line bottom

~Hal yang terlihat setelah kembali ke dasar~
Implementasi kintone meningkatkan layanan dasar di toko

Hal terpenting dalam meningkatkan layanan adalah “Stok produk yang diinginkan pelanggan tersedia di lokasi penjualan”. Meskipun sudah mendirikan toko yang keren di lokasi yang bagus dan menempatkan tenaga pemasar yang handal, semua itu menjadi tidak berarti jika produknya tidak ada.

“Menyambut pelanggan dengan menjaga ketersediaan stok terbaik di etalase, selama 1 tahun atau 365 hari. Itu merupakan syarat mendasar bagi layanan yang bermutu tinggi. Dan kemampuan untuk mengelola stok di etalase meningkat secara dramatis berkat kintone.” (Kubota MD)

Sebelum mengimplementasikan kintone di perusahaan, pengelolaan stok dilakukan secara manual dan memakan waktu yang sangat lama. Jika ada produk yang kosong, pertama-tama harus mengisi formulir order secara manual dan difoto dengan ponsel pintar. Foto tersebut dilampirkan untuk dikirim ke kantor pusat, setelah itu dicetak dan ditulis ulang di formulir order untuk membuat pesanan. Proses tersebut memakan waktu dan tenaga yang besar, dan bisa menimbulkan kesalahan karena dikerjakan secara manual. Ketika sedang mencari tahu jalan keluar untuk mengatasinya, mereka mendengar contoh pengelolaan stok dengan kintone, sehingga langsung menghubungi agen yang menanganinya, dan langsung memutuskan untuk mengimplementasikannya.

“Keputusan untuk mengimplementasikannya cepat, tetapi yang lama adalah waktu sampai seluruh staf lokal menyetujuinya (sambil tertawa). Mungkin awalnya semua orang merasa kaget ketika mendengar tentang kintone, karena selama ini menggunakan cara yang terlalu primitif. Tetapi berkat bantuan yang diberikan oleh agen pemasaran pasca implementasi sistem, saat ini semua orang sudah merasa familiar dan mereka malah mengatakan tidak ingin menghentikannya karena praktis.” (Kubota MD)

Perubahan setelah mengimplementasi kintone

line bottom

Laporan penjualan kintone “bisa dianalisa”, sehingga jadi lebih bermutu! Staf pemasaran juga jadi bisa memperhatikan pelanggan dan meningkatkan penjualannya, berkat waktu pemesanan stok yang singkat!

staff

SEIKO (Thailand) Co., Ltd.
Retailer Division Manager 
Ms.USANA CHANTAVICHAIKIJ

Manfaat menggunakan kintone sangat banyak. Tidak hanya menjaga ketersediaan stok di etalase, tetapi juga membantu dalam menentukan jumlah stok yang tepat, mengumpulkan, mengakumulasi, melihat daftar, dan mencari data penjualan yang menjadi dasar dalam menjalankan manajemen dengan cepat.

Jadi tidak hanya melaporkan saja, tetapi seperti berbagi laporan penjualan yang bisa dianalisa dengan tingkat akurasi tinggi secara cepat, dengan kantor pusat. Kintone juga telah mempersingkat waktu pembuatan order, sehingga staf pemasaran bisa lebih memperhatikan pelanggan dan meningkatkan penjualannya. Manfaat yang diberikan oleh kintone tidak ada habisnya.

Yang kurang adalah berbagi informasi secara real time
“kintone bermanfaat untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat”

“Data kasir dikelola oleh pihak pusat perbelanjaan, sehingga kami tidak bisa langsung mengumpulkan data penjualan dari situ. Oleh karena itu, dulu masing-masing toko mengirimkan laporan penjualannya melalui sosmed atau telepon, sehingga memakan waktu untuk merangkum dan menganalisanya. Setelah menggunakan kintone, tidak hanya penjualannya yang meningkat, tetapi informasi pelanggan atau informasi tentang hari ini model apa yang laris terjual di toko mana, bisa dilihat secara real time. Kami jadi bisa membuat perencanaan yang cepat sambil melakukan monitoring kondisi penjualan”.

Setiap hari melaporkan hasil penjualan ke kantor pusat dengan kintone
“Pengoperasiannya mudah, seperti menggunakan aplikasi pada ponsel pintar yang kita gunakan sehari-hari”

“Saya terutama menggunakan kintone untuk laporan penjualan harian. Setelah terbiasa untuk mengoperasikannya, saya seperti menggunakan aplikasi pada ponsel pintar milik pribadi, sehingga sangat lancar. Selain laporan penjualan, ada juga fungsi praktis lainnya. Misalnya, dulu ketika ingin mencari tahu informasi tentang produk, saya harus mencari dokumennya atau menunggu jawaban dari kantor pusat. Tetapi setelah mengimplementasi kintone, saya bisa mencari informasi secara mandiri hanya dengan memasukkan nomor toko atau nomor produk, sehingga tidak memakan waktu, bisa dikerjakan dengan cepat dan mudah.”

staff

Staf pemasaran cabang Siam Paragon
Ms. KRITSARA

staff

Melalui akumulasi data, bisa dibuat menjadi grafik, melakukan pencarian dengan syarat tertentu, dll.
Tampilan data juga bisa disesuaikan sesuai dengan tujuannya.

staff

Di toko, staf bisa mengakses kintone melalui tablet yang digunakan secara bersama.
Mereka bisa mengoperasikannya dalam waktu yang singkat, sambil menunggu untuk melayani pelanggan.

Di masa yang akan datang juga
tetap bersama kintone

line bottom

Potensi untuk memperbaiki pekerjaan dan peningkatan layanan tidak ada batasnya. Untuk ke depannya, kami berpikir untuk meningkatkan kemampuan display dengan menggunakan kintone. Display yang menarik akan berkontribusi pada penjualan.

“Untuk mengatasi masalah kemampuan toko yang berbeda-beda dalam memajang produk, kami berpikir untuk membagikan foto dan video toko yang pintar dalam memajang produk melalui kintone, agar toko lain bisa memperbaikinya.” (Kubota MD).

Selain itu, kami juga mempertimbangkan untuk mengimplementasikan kintone dalam mengelola absensi di lokasi penjualan yang baru. Mungkin terasa berat untuk memasukkan hal baru dari luar. Tetapi Mr. Kubota MD memberitahukan hal berikut ini kepada kami.

“Selalu selangkah lebih maju” adalah motto dari pendiri SEIKO. Bagi staf lokal, awalnya implementasi kintone mungkin seperti berjalan sejauh 3 langkah. Tetapi pada akhirnya, hasil yang berbicara. Untuk ke depannya, kami berpikir bahwa pendekatan ''ONE STEP AHEAD'' tanpa henti kepada para pelanggan yang berada di seluruh dunia, adalah hal yang sangat penting bagi SEIKO.” (Kubota MD)

Visi ke depan

line bottom

Ada 2 hal yang akan dikuatkan di SEIKO Thailand. Yang pertama adalah “membuat kelas premium”. Di Thailand, kami memiliki pangsa pasar yang tinggi untuk produk dengan kisaran harga 300-500 USD, tetapi untuk kelas premium pangsa pasarnya masih rendah. Untuk meningkatkan pangsa pasar, kuncinya adalah dengan mendistribusikan produk yang menjangkau konsumen. Kemudian yang kedua adalah “digitalisasi”. “Tidak hanya meningkatkan ratio penjualan e-commerce, tetapi yang kami inginkan adalah digitalisasi dari segi bisnis secara keseluruhan, yang meliputi promosi pemasaran, interaksi dengan pelanggan, sampai proses pembelian.” (Kubota MD). Jika kita mau melangkah, maka pemandangan yang terlihat akan semakin luas. Hal tersebut berlaku juga untuk perusahaan maupun manusia. Saat ini kami telah berdiri selama 30 tahun. Dari sini, SEIKO Thailand akan maju selangkah demi selangkah menuju 30 tahun yang berikutnya.

Bagi anda yang ingin mengetahui tentang
kintone lebih lanjut, silakan menghubungi kami

Kontak kami
Go To Top